Cara Menanam Hidroponik Sederhana di Pekarangan


Tulisan kali ini berisi informasi  cara menanam hidroponik yang sederhana dan dapat dilakukan di rumah anda. Hidroponik merupakan cara atau teknik bercocok tanam dengan menggunakan media tanam non tanah atau selain tanah. Media tanaman hidroponik dapat  berupa sekam bakar, cocopeat, pasir kerikil rockwool dan lan-lain. Cara menanam hidroponik dapat dilakukan dimana saja contohnya di halaman rumah anda, wadahnya pun bisa menggunakan apa saja pot, drum bekas, kaleng bekas cat atau bahkan botol mineral bekas. 

Cara Menanam Hidroponik
Cara Menanam Hidroponik
Cara menanam hidroponik sebenarnya sangat cocok untuk diterapkan di daerah perkotaan atau daerah urban, karena banyak manfaatnya diantaranya hemat tempat dan ramah lingkungan. Contoh tanaman hidroponik yang sangat mudah untuk di tanam dengan cara menanam hidroponik adalah jenis tanaman sayuran daun seperti sawi, kangkung, pakcoy, kailan, seledri, kemangi dan lain sebangainya. 

Hal yang harus diperhatikan dalam cara menanam hidroponik adalah media tanam dan nutrisi hidroponik atau pupuk hidroponik. Pastikan media tanam cukup poros sehingga air dan nutrisi dapat di serap oleh akar tanaman tapi juga cukup kokoh untuk menopang tanaman hidroponik.

Tahapan Cara menanam hidroponik

1.      Penyemaian Benih
Semai benih pada tray atau wadah semai, gunakan benih yang tingkat germinasinya diatas 80%. Media semai yang baik dan umum digunakan adalah rockwool. Rockwool sangat praktis karena memiliki daya serap air yang tinggi dan steril. Jika benih telah cukup umur pindahan ke media tanam
Media Semai Rockwool
Media Semai Rockwool

2.      Penyiapan media tanam
Gunakan media tanam yang poros bisa campuran sekam bakar dan pasir kerikil, atau campuran rockwool dan pasir kerikil. Tempatkan media tanam pada wadah yang diinginkan seperti pot atau kaleng bekas.
3.      Pemberian Nutrisi
Gunakan nutrisi hidroponik yang tepat, pemberian nutrisi dalam  cara menanam hidroponik sangat penting bagi pertumbuhan tanaman. Anda bisa meracik sendiri atau membeli nutrisi hidroponik di pasaran. Pemberian nutrisi bisa dengan cara siram manual pagi dan sore hari, atau jika anda ingin lebih praktis anda bisa mencoba cara menanam hidroponik dengan sistem sumbu atau wick silahkan cek pada gambar. Sumbu (bisa dari kapas, sumbu kompor atau kain bekas)  akan mengalirkan nutrisi ke seluruh bagian tanaman. Teknik wick ini adalah salah satu teknik hidroponik sederhana.
Teknik Hidroponik Wick
Teknik Wick Hidroponik Sederhana

4.     Perawatan
Perawatan pada sistem hidropinik pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan perawatan pada penanaman sistem konvensional seperti pemangkasan, pembersihan gulma dll.

26 comments

blognya bagus om/tante/mas/mbak :D

saya jg sedang mencoba menanam sawi, cuma msh bingung jg mau pake sistem apa?

smoga blognya apdet terus. :)

Reply

Bisa dijelaskan cara / komposisi cairan nutrisinya ?

Reply

terima kasih atas info tentang hidropoik

Reply

saya juga pengen coba menanam

Reply

saya udah nyoba pake botol bekas, ternyata kalau warna botolnya bening bisa menyebabkan tumbuhnya lumut dalam botol. Bagi yg mau coba, sebaiknya botol dilapisi warna gelap.

Reply

Sy jg ingin blajar berkebun hidroponik,di bdg sy bs dapat bahan2nya sperti agregat,pupuk nutrisi dsb nya dimana?tks

Reply

Informasi yang sangat bermanfaat, terimakasih.
http://deni_yudhistira.student.ipb.ac.id

Reply

Hayo inovasi hidroponic itu berasal dari mana?? hehe, kunjungin web saya ya di www.ipb.ac.id.... sebenernya banyak loh cara" menanam tanpa lahan :)

Reply

saya dri bali juga ingin mencoba.....bahan2nya sperti agregat,pupuk nutrisi dsb nya dimana? trima kasih

Reply

saya ingin belajar tanam hidroponik

Reply

Saya sedang mencoba menyemai biji pakchoi', kenapa batangnya memanjang?

Reply

untuk nutrisinya bisa di dapat di mana ya...(baru belajar)

Reply

syukran ya ane diingatkan kembali halaman ini ttg HDROPONIK baru mau belajar lagi deh padahal dr akademi pertamanan jakarta dan universitas bandung raya tukang kebun krn saat ini ada tantangan dari sepupuku maka sy bilang INsssya Allah akan dicoba dan dikembngjkan al Pakchoi Pokcai Sawi 2 an di rumah kan semangat terus sahabat ya cu

Reply

Bagus Gan blognya...
Sebagai referensi lain bisa kunjungi blog http://budidayahidroponik.blogspot.com/

Reply

mo tanya nutrisi yang dicampurkan kedalam air apa saja? apakah komposisi nutrisinya tidak berbahaya bagi ikan?

Reply

Info yang sangat bermanfaat,
Untuk yang berada di wilayah Cirebon dsk, kita bisa kumpul-kumpul dan sharing pengetahuan bareng mengenai potensi - potensi yang bisa kita kembangkan dari berbagai bidang. Klik aja http:\\hidroponikcirebon.blogspot.com

Reply

untuk teknik WICK apakah air nitrisinya ada saat tertentu harus diganti?

Reply

Bagi yg berminat nutrisi hidroponik sdh lngsng jadi/lngsng pakai untuk ukuran 900 ltr air hubungi 085717242004 (Andri Bogor)

Reply

Mau...pendapatan tambahan klik disini dan share linknya http://WeeklyYouthPay.com

Reply

Indonesai berkebun #hidroponik
http://hidroponikstore.com/media-tanam-hidroponik/

Reply

mantap nih makasih informasinya mas.

Reply

thanks infonya, kebetulan saya juga menulis tentang jenis tanaman hidroponik yang bisa di baca di http://tipshidroponik.info/jenis-tanaman-yang-dapat-di-tanam-secara-hidroponik.html

Reply

sangat bermanfaat..
jangan lupa mampir juga Gan : http://budidayahidroponik.blogspot.com/

Reply

makasih bantuan blognya :)

Reply

Post a Comment